English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, April 30, 2012

Jelang Pemilu di Amerika







Bersamaan dengan kemenangan Mitt Romney di pemilu pendahuluan pilpres di lima negara bagian Amerika, ia berjanji akan mendepak Barack Obama dari Gedung Putih. Bakal kandidat dari kubu Republik yang kerap meraih kemenangan di pemilu internal partai ini menandaskan bahwa dirinya bertekad mengakhiri empat tahun keputusasaan di negara ini. Statemen ini dirilis setelah penghitungan suara di lima negara bagian timut laut AS yang menunjukkan kemenangan mutlak Romney. Mantan gubernur Massachusetts ini meraih kemenangan di pemilu yang digelar hari Selasa lalu di negara bagian Pennsylvania, Delaware, Connecticut, Rhode Island dan New York.

Kemenangan Romney di pemilu pada hari Sabtu menandai dimulainya persaingan resmi antara dirinya dan Barack Obama. Meski calon resmi dari kubu Republik di pilpres negara ini akan diumumkan musim panas depan dan diputuskan di munas Partai Republik, namun dua kandidat lain kubu ini yakni Newt Gingrich dan Ron Paul tidak memiliki peluang mengalahkan Romney. Oleh karena itu, sejak kini Romney merasa dirinya sudah pasti akan bersaing dengan calon tunggal dari Demokrat, Barack Obama.
Mundurnya Rick Santorum dari persaingan pemilu internal Republik membuat friksi internal di kubu ini terobati dan sayap kanan kian berpeluang untuk bersaing dengan Obama. Dalam beberapa hari lalu, Romney dalam kampayenya mengusung slogan "Better America" (Amerika yang lebih Baik). Sementara itu, kubu Republik menuding pemerintahan Obama gagal di bidang ekonomi dan sosial. Hal ini mereka tempuh demi meraih suara warga Amerika. Tak hanya itu, menurut mereka kelemahan utama pemerintahan Obama adalah kegagalannya menanggulangi pengangguran.
Berbagai data statistik menunjukkan bahwa sejak menjabat presiden AS, Obama sedikitnya telah menambah empat juta orang ke kelompok pengangguran di negara ini. Selain itu, ratusan ribu warga juga terpaksa kehilangan rumah mereka dan mayoritasnya berubah menjadi warga miskin. Namun demikian dalam beberapa bulan terakhir dan berdasarkan data statistik resmi, pengangguran di AS menurun drastis. Dari pengangguran 10 persen warga yang sebelumnya memiliki pekerjaan, kini tercatat turun sekitar 8 persen.
Meski demikian, kondisi pasar kerja di AS saat ini masih belum mampu membuat Obama untuk memanfaatkannya meraih dukungan dalam pemilu mendatang. Khususnya kenaikan berkala harga bensin di AS kian menambah kekhawatiran warga. Tak hanya itu, pemerintah Obama saat ini pun didera gelombang protes akibat kenaikan harga bensin.
Di sisi lain, Obama diprediksikan masih memiliki senjata ampuh untuk melumpuhkan serangan hebat Romney dan pemimpin Partai Republik. Penggalangan dana Obama yang dua kali lipat lebih besar dari dana Romney adalah salah satu senjata ampuh Demokrat. Dengan dana besar ini kubu Demokrat akan mampu melakukan kampanye besar-besaran untuk menggalang dukungan bagi kandidatnya.
Obama sendiri sangat mengharapkan suara dari warga miskin yang mendapat santunan asuransi dana kesehatan yang baru saja ia perjuangkan. Paket stimulus ekonomi dan pajak bagi warga kaya di AS termasuk strategi lain Obama yang diharapkan mampu menambah dukungan di pemilu mendatang. Poin penting di sini adalah kondisi dan iklim yang tengah menguasai AS saat ini membuat kandidat baik dari Republik maupun Demokrat tak terlalu yakin untuk meraih kemenangan di pemilu enam November mendatang. 

0 komentar:

Copy Code Link Teks di bawah ini pada blog anda
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Site Meter

About Me

Backlink

Free Automatic Google Backlinks - SEO Free Automatic LinkPlugboard ManiaFree Automatic LinkUnlimited Backlink ExchangeElvira Cardenas - StreichquartettFree Backlinkscalendario-biblicoFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Automatic LinkAuto Backlink Gratis Indonesia : Top Link IndoAuto Backlink Gratis : Entekom Link backlink Auto Backlink Gratis : UtelautBacklink Lists|Free BacklinksText Backlink ExchangesFree Automatic Linklink promotion:Free Plugboard Link Banner ButtonMalaysia Free Backlink Services Free Promotion LinkLink Portal Teks TVFree Smart Automatic BacklinkAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlinkFree Automatic Backlink ServiceAdd URL Link ExchangeAdd URL Suggest Linkbacklink

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP