English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, July 06, 2012

Awas, Serangan Virus Jahat ke Android Kamu

Hati-hatilah pengguna Android sekarang. Meski terbilang sebagai sistem operasi paling bontot, tak berarti Android bebas dari serangan Virus dan malware. Dari data yang diungkapkan trend Micro, tercatat dari januari hingga Juli 2011 serangan malware (aplikasi yang menyebabkan gangguan pada sistem) tumbuh 14 kali lipat. Yang lebih ekstrim lagi. Jenis malware yang menyerang diantaranya seputar pencurian data, penipuan layanan premium, aplikasi downloader mencurigakan, aplikasi mata-mata (dapat melihat data pribadi) serta rooter (mengambil alih kendali HP). 

Metode penyusupan malware ini rata-rata melalui aplikasi yang didownload dari market android, baik yang resmi milik google maupun yang ditawarkan developer pihak ketiga. Menurut Lookout dan Symantec, malware berkode “Android.RuFraud” dan “Android.Premiumtext” terdeteksi telah menggerayangi  aplikasi di Android Market beberapa waktu lalu. Bahkan, sudah ada pengguna yang menginstal aplikasi tipuan tersebut, sebelum akhirnya ‘disingkirkan’ oleh pihak Google.

Beberapa malware yang sebelumnya juga terdeteksi adalah ‘DroidDream Light’ dan ‘Plankton’. Bahkan, varian baru Trojan Zeus (ZeuS-in-the-Mobile), yang pertama kali ditemukan tahun 2010 dan menyerang HP Symbian dan BlackBerry, kini telah berkembang dan menyerang Android. Cara kerjanya dengan mencuri nomor otentikasi transaksi mobile dan password perbankan, dan berpura-pura sebagai aplikasi resmi bernama Rapport buatan Trusteer. Selain itu, malware ini juga dikabarkan dapat mencuri data SMS dan mengirimkannyake server pencuri.

Untuk daftar aplikasi yang disusupi malware lebih lengkapnya, bisa mengunjungi http://www.android-indonesia.com/tutorial/68-aplikasi-android-yang-mengandung-malware-a-sejenisnya. Perkiraan Trend Micro, hingga 2012 nanti, kecenderungan penggunaan untuk menginstal aplikasi gratisan masih cukup tinggi. Hal ini, tentu saja masih memberikan celah buat para ‘pembuat’ malware untuk terus merajalela.

Maka dari itu waspadalah untuk semua pengguna gadget, terutama pengguna android. Jagalah dan lindungilah gadget kesayangan kalian. Biar kita tidak menyesal belakangan.Eits..tunggu dulu..Saya juga punya tips menangkal serangan virus/malware ke android anda. Mau klik aja disini  dan juga antivirus untuk android klik disini. Ya udah sampai jumpa pada postingan berikutnya. Jangan lupa mampir kesini lagi ya....

0 komentar:

Copy Code Link Teks di bawah ini pada blog anda
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Site Meter

About Me

Backlink

Free Automatic Google Backlinks - SEO Free Automatic LinkPlugboard ManiaFree Automatic LinkUnlimited Backlink ExchangeElvira Cardenas - StreichquartettFree Backlinkscalendario-biblicoFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Automatic LinkAuto Backlink Gratis Indonesia : Top Link IndoAuto Backlink Gratis : Entekom Link backlink Auto Backlink Gratis : UtelautBacklink Lists|Free BacklinksText Backlink ExchangesFree Automatic Linklink promotion:Free Plugboard Link Banner ButtonMalaysia Free Backlink Services Free Promotion LinkLink Portal Teks TVFree Smart Automatic BacklinkAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlinkFree Automatic Backlink ServiceAdd URL Link ExchangeAdd URL Suggest Linkbacklink

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP